Terkini

Powered by Blogger.

Kasus Narkoba Oknum Pejabat Pemkot Bandar Lampung, Berkas Dilimpahkan ke Kejari

06 April 2019

Yopi Rulianda (foto: istimewa)

LAMPUNGONLINE.CO.ID – Terkait kasus narkoba oknum pejabat Pemkot Bandar Lampung, yakni Sekretaris Diskominfo, M Andri Wirawan dan PNS Riyan Thona (34), telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandar Lampung.

Saat ini, kejari Bandar Lampung sedang melakukan penelitian berkas keduanya, untuk segera melakukan sidang.

Hal itu diungkapkan Kasi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Bandar Lampung, Yopi Rulianda, Jumat (5/4/2019).

Dijelaskan, pihaknya telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Pemkot Bandar Lampung.

“Iya benar, kemarin sudah dikirimkan berkasnya. Kejari juga sudah menerbitkan surat perintah (P16) dan telah menunjuk dua jaksa yang akan menangani perkara itu, untuk melakukan penelitian terhadap berkas dan kedua tersangka,” ujar Yopi.

Saat ini, berkas kedua tersangka masih dalam pemeriksaan lebih lanjut. Kejari masih melakukan pengecekan terkait dengan syarat formil dan materil dan pihak kepolisian.

“Jika berkasnya dianggap lengkap, maka akan kita terbitkan P21. Kemudian, akan dikirim tersangka dan barang buktinya,” kata Yopi, dilansir Saibumi.com.

Sementara dalam berkas perkara tersebut, kedua tersangka akan dijerat dengan tiga pasal berlapis, yakni pasal 111 ayat (1), 112 ayat (1) dan 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009.

“Sedangkan untuk Pasal 127 akan dilihat apakah memenuhi syarat formil maupun materil. Oleh sebab itu, kedua berkas tersangka sedang diteliti,” terang Yopi

Pakai Narkoba

Sebelumnya diberitakan, Petugas Kepolisian dari Unit Reskrim Polsekta Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, menangkap oknum pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung.

Dari informasi yang diterima, pejabat yang ditangkap polisi itu menjabat sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bandar Lampung, M Andri Wirawan.

Andri ditangkap bersama rekannya Riyan Thona yang juga merupakan PNS di Pemkot Bandar Lampung.

Keduanya ditangkap di Jalan Ikan Sepat No.16 Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, pada Kamis, (7/2/2019) lalu, sekitar pukul 12.30 WIB.

Mereka dibekuk karena penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu.

Kapolsek Telukbetung Selatan Kompol Yana membenarkan, pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua orang oknum PNS karena menggunakan narkoba jenis sabu.

“Ya benar keduanya PNS, dari keduanya kami juga mengamankan satu paket sisa pakai kristal bening yang diduga sabu serta seperangkat alat isap sabu atau bong,” ujarnya saat dihubungi via telepon, Selasa, (12/2/2019) malam.

Yana menjelaskan, penangkapan kedua pelaku berdasarkan informasi dari masyarakat. Bahwa di Jalan Ikan Sepat sering dijadikan tempat transaksi narkoba.

“Mendapat laporan itu, kami langsung melakukan penyelidikan dan pengcekan. Dan hasil ternyata benar, kemudian anggota menangkap kedua pelaku serta mengamankan barang bukti,” ungkap dia. (*)

close