Terkini

Powered by Blogger.

Ini Daftarnya, Kementerian PUPR Tetapkan Tarif Tol Bakter Lampung

06 April 2019

(foto: istimewa)

LAMPUNGONLINE.CO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) di Lampung.

Untuk golongan I dari ujung Bakauheni hingga Terbanggi Besar dipatok Rp 112.500.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit menjelaskan, untuk penerapan tarif ini akan diserahkan ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini PT Hutama Karya (Persero).

“Pengalaman dari Sumatera Selatan, di mana memang Sumatera belum ada pengalaman mereka memanfaatkan jalan tol, sehingga kita meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi dalam waktu yang lebih lama,” ujarnya di Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Danang menuturkan, Hutama Karya hingga saat ini belum melaporkan rencana penerapan tarif ini.

“Mereka belum akan memberikan putusan kapan akan ditarifkan,” kata dia, dilansir Detik.

Danang mengungkapkan, penerapan tarif berhubungan dengan penerimaan atau reaksi masyarakat terkait adanya tol.

Menurutnya, BUJT memiliki pengalaman untuk mengatasi masalah tersebut.

“Pengalaman di Sumatera Selatan itu sangat bervariasi penerimaan masyarakat, kadang-kadang ada masyarakat yang merasa kalau gratis, ya gratis terus selamanya. Ini akan sulit diterima. Kami sendiri menyerahkan semua ke badan usaha, karena mereka yang tahu bagaimana reaksi masyarakat,” jelas Danang.

Tarif Tol

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140,94 km.

Tol ini menjadi terpanjang karena mengalahkan Cikampek-Palimanan sepanjang 116,75 km.

Tarif ini diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 305/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

“Kami sudah menetapkan tarif, dari badan usaha sudah mengoperasikan, tapi belum menarifkan kepada masyarakat sebagai bagian sosialisasi kepada pengguna jalan,” kata Danang.

Meski sudah ditetapkan, namun belum berlaku di masyarakat. Pemerintah menyerahkan penerapan tarif ke badan usaha untuk penerapannya.

Lantaran, wilayah tersebut belum punya pengalaman mengoperasikan jalan tol.

“Pengalaman dari Sumatera Selatan, di mana memang Sumatera belum ada pengalaman mereka memanfaatkan jalan tol sehingga kita meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi lebih lama,” ungkapnya.

Berikut tarif tol dari Bakauheni ke Terbanggi Besar dari ujung ke ujung:
Golongan I Rp 112.500
Golongan II Rp 168.500
Golongan III Rp 168.500
Golongan IV Rp 224.500
Golongan V Rp 224.500 (*)

close