Terkini

Powered by Blogger.

Ini Cara Membuat Keripik Pisang Renyah ala Lampung

11 October 2014


LAMPUNG -
Keripik pisang adalah oleh-oleh khas Lampung. Pisang yang diiris tipis dan digoreng sampai garing tadinya dijual tanpa tambahan perasa. Namun kini sudah berkembang menjadi rasa asin, manis, keju, cokelat, bahkan kopi, melon, dan stroberi.

Anda bisa membuat keripik pisang ala Lampung sendiri di rumah, seperti dilansir dari detik.com, Sabtu (11/10/2014). Cara membuatnya tak sulit dan bahan-bahannya cukup mudah didapat. Ikuti saja langkah berikut:

1. Bahan


Gunakan pisang yang sudah tua namun masih hijau alias masih keras dan setengah matang. Biasanya yang digunakan adalah pisang kepok, meski bisa juga menggunakan pisang raja, tanduk, kapas, nangka, atau Ambon.

Kupas, lalu iris secara melintang, bujur, atau miring. Untuk memastikan irisannya tipis agar hasilnya renyah, Anda bisa menggunakan alat mandoline. Siapkan pula minyak goreng, garam, satu sendok teh kapur sirih yang dilarutkan dalam satu liter air, dan bubuk perasa jika suka.

2. Rendam pisang

Agar lebih garing, rendam pisang dalam air kapur selama sekitar 30 menit sampai satu jam. Setelah itu, cuci hingga bersih. Agar keripik pisang terasa gurih, rendam dalam air garam selama 10 menit. Tiriskan.

3. Goreng

Sesuaikan volume minyak agar pisang terendam semua, lalu panaskan minyak sampai suhu 190 C. Masukkan pisang dan goreng sampai garing keemasan. Tiriskan.

4. Tambahkan perasa

Siapkan perasa bubuk di dalam kantung plastik. Contohnya untuk perasa cokelat, Anda bisa mencampurkan 75 gram gula bubuk, 50 gram cokelat bubuk, dan 2 sdm susu bubuk rasa vanili.

Setelah keripik agak dingin, masukkan keripik ke dalam kantung plastik dan kocok-kocok sampai bumbunya menempel merata pada keripik. Sajikan atau simpan di wadah kedap udara. (*)

close