Terkini

Powered by Blogger.

Jokowi Naikkan Gaji PNS di Bulan Pelaksanaan Pilpres 2019

08 March 2019

Joko Widodo alias Jokowi (ist)

LAMPUNGONLINE.CO.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (8/3/2019).

Saat memberikan sambutan, dia mengaku sempat ditanya oleh sejumlah aparatur sipil negara (ASN) perihal aturan hukum yang menjadi dasar kenaikan gaji PNS di 2019.


"Jadi waktu saya salam-salaman, nanya gaji naik kapan," kata Jokowi di lokasi peresmian tol Sumatera di Lampung.

Dia menjelaskan, bahwa aturan kenaikan gaji hak abdi negara saat ini tengah difinalisasi. Kepala negara memastikan, gaji PNS akan naik pada April 2019 dengan rata-rata 5%.

"Ini PP sedang disiapkan. Awal April sudah diberikan, dirapel. Plus Gaji ke-13 di bulan berikutnya menjelang lebaran," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dilansir CNBC Indonesia.

Terhitung sejak Januari 2019, gaji para hak abdi negara sejatinya sudah otomatis mengalami kenaikan, sesuai dengan rencana Jokowi menaikkan gaji PNS rata-rata 5%.

Namun, karena aturan belum diteken, maka kenaikan gaji belum dibayarkan kepada para PNS. Jokowi pun memastikan, bulan depan PNS sudah bisa mendapatkan kenaikan gaji.

Bendahara negara pun menyiapkan alokasi anggaran sekitar Rp 215 triliun untuk membayar gaji PNS dan pensiunan, yang mencakup kenaikan gaji rata-rata 5%, pembayaran gaji ke-13, dan penyaluran THR tahun depan.

Diketahui, Indonesia akan melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) serentak yakni pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan anggora legislatif (Pileg) pada 17 April 2019. (*)

close